Sopan santun adalah suatu etika/norma terhadap tingkah laku kita dalam kehidupan sehari – hari. Setiap orang pasti pernah memilikinya, bahkan mengetahui tentang adat sopan dan santun tersebut. Meskipun, sedikit orang telah mengetahui arti dari sopan santun, tapi banyak orang yang mampu memahami cara berlaku sopan dan santun dalam kehidupan.

Sopan dan santun mungkin tidak dapat dinilai lebih dalam lagi, Karena sopan santun bukanlah sebuah ideologi dan tidak mungkin dapat diukur dengan kasat mata. Tapi,melainkan suatu nilai yang begitu berharga dalam menjalani suatu komunikasi dengan orang lain. Untuk dapat menilai sopan santun, kita perlu dapat memahami cara bertingkah laku sopan santun dahulu. Setelah itu, kita akan mengerti seberapa berharganya sopan santun dalam bersosialisasi dengan orang lain.

Norma sopan-santun adalah peraturan hidup yang timbul dari sebuah hasil pergaulan sekelompok manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai pedoman pergaulan sehari-hari masyarakat itu. Norma kesopanan bersifat relatif, artinya apa yang dianggap sebagai norma kesopanan berbeda-beda di berbagai tempat, lingkungan, atau waktu.

Beberapa contoh norma kesopanan ialah:
1.Menghormati orang yang lebih tua.
2.Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan sombong.
3.Tidak meludah di sembarang tempat.
4.memakai pakaian yang dapat menutup aurat.
5.Menerima sesuatu selalu dengan tangan kanan.

Adapun sanksi – sanksi bagi pelanggar norma kesopanan adalah :
1.mendapat cemoohan,
2.di cela,
3.di hina,
4.dikucilkan dan diasingkan dari pergaulan
5.dipermalukan di lingkungan sekitar/di masyarakat.