Islam secara tegas menyeru bahkan mewajibkan pemeluknya untuk menghormati kedua orang tua, khususnya ibu. Dalam suatu hadis, rasulullah menyebutkan kata ibu stiga kali berturut-turut baru kemudian ayah. hal ini menunjukkan derajat ibu yang begitu tinggi.

  Hari ibu sebaiknya dihormati dengan mengingat kembali jasa ibu. Hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember selayaknya menjadikan kita lebih hormat kepada ibu. Selalu menaatinya dan berbakti kepadanya serta mendoakanya jika telah tiada, semoga ia diridhoi daan amalanya diterima, hingga akhirnya masuk syurga. Amiiin…

Islam memerintahkan kepada kita untuk menghormati orang tua kita. Allah berfirman dalam al-Qur’an:

   Artinya: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia[850]” (Al-Isra: 23)
[850] Mengucapkan kata Ah kepada orang tua tidak dlbolehkan oleh agama apalagi mengucapkan kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu.
Ayat yang menyuruh menghormati Ibu, surat Al-Ankabut: 08
  “Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu- bapaknya. dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, Maka janganlah kamu mengikuti keduanya. hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (Al-Ankabut: 8)”
source: http://ufuk-tadib.blogspot.com/